/ Berita Wilayah SSG DT

SSG Ujung Berung : Awali April dengan Kajian Pranikah

Pada hari Ahad 8 April 2018 telah dilaksanakan kajian Pra-Nikah yang berjudul "Kusebut dia dalam do'a" dan dihadiri oleh 240 peserta baik dari ikhwan maupun akhwat. Kajian ini diselenggarakan oleh ssg ujungberung .

Dari bahasan kajian yang sangat menarik ini, didapatkan beberapa poin penting. Berikut ini adalah resumenya.

Jodoh itu adalah hak Allah Swt, Allah yang menentukan kita berjodoh dengan siapa tapi kita diberikan hak untuk mencari kriteria yang kita inginkan. Akan tetapi kriteria ini bergantung pada latarbelakang kita. Yang terpenting dalam pernikanah bukan persamaan atau idealisme kita akan tetapi kecocokan.
Dalam hadist qudsi Allah berfirman : "Wahai hamba kamu punya keinginan dan Allah punya keinginan, dan Allah akan menjadikan keinginan itu terwujud kecuali yang Allah inginkan. Maka serahkanlah kepada-Ku apa yang jadi keinginan itu sehingga sampai keinginan itu kepada-Ku.
Apabila kita ingin do'a kita dikabulkan maka lakukanlah apa yang Allah ingin kita lakukan sebagai hamba-Nya. Adapun langkah yang harus kita lakukan adalah :

  1. Pantaskan diri kita menjadi hamba
    Tugas pokok kita adalah Menghambakan diri kepada Allah. Kedudukan manusia di hadapan Allah adalah ketika manusia menjadi hamba.

Abu Hurairah dalam Sanadnya : " Rasulullah Saw bersabda sesungguhnya Allah itu Maha Cemburu dan Cemburunya Allah itu ketika seorang mukmin melakukan perbuatan yang diharamkan Allah." (H.R Muslim)

Q.S Al-Jatsiyah: 23
أَفَرَأَيْتَ مَنِ اتَّخَذَ إِلَٰهَهُ هَوَاهُ وَأَضَلَّهُ اللَّهُ عَلَىٰ عِلْمٍ وَخَتَمَ عَلَىٰ سَمْعِهِ وَقَلْبِهِ وَجَعَلَ عَلَىٰ بَصَرِهِ غِشَاوَةً فَمَنْ يَهْدِيهِ مِنْ بَعْدِ اللَّهِ ۚ أَفَلَا تَذَكَّرُونَ

Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?

Bagaimana Allah akan memberikan kita jodoh kalau kita mencarinya dengan cara yang Allah tidak sukai?
Lanjut di komentar.
ssg_dt2. Memahami kisah Rasulullah Saw yang hidup dengan Sahabatnya maka nanti munculah kriteria.

Dengan kita memahami kisah Rasulullah dan para sahabatnya maka kita akan mengetahui kriteria terbaik calon pasangan kita.

Manusia itu menikah karena 4 hal, yaitu :
● Wajah. Kelak di Surga Allah jadikan semua wanita Cantik ● Harta ● Keturunan ● Agama
Baitii Jannati. Di rumah ada amalan-amalan agar kita masuk Surga.
3. Bergaul di tempat yang baik
Saat kita bergaul dengan lingkungan yang baik maka doa-doa kita pun akan baik.
Apabila ke tiga hal itu sudah dilakukan maka kita bisa menyebut dia dalam doa, akan tetapi doa disini adalah umum tidak langsung menyebut nama.
Wallahua'lam Bish Showwab,

Semoga ilmu yang telah kita dapatkan bisa kita amalkan sehari-hari.